Our Blog

Pengertian katalis dan Jenis Katalis

Posted on Sabtu, 05 November 2011 Diposting oleh Teknik industri

Katalis adalah suatu zat yang dapat mempercepat reaksi. Ini tergolong katalis positif. Katalis negatif, atau lebih dikenal sebagai inhibitor (penghambat), merupakan suatu zat yang memperlambat reaksi, dengan tujuan agar mekanisme reaksinya dapat diamati. Inhibitor ini sering digunakan untuk penelitian.
Katalis dapat digolongkan menjadi katalis heterogen apabila fasenya berbeda dengan sistem dan pada katalis homogen, fasenya sama dengan sistem.
Selama proses berlangsung, katalis ikut ambil bagian dalam reaksi kimia, namun setelah reaksi, katalis terbentuk kmebali dalam jumlah dan keadaan yang sama.
Apa yang dilakukan oleh katalis selama reaksi? Mengapa reaksi lebih cepat berlangsung dengan katalis dibanding tanpa katalis? Katalis dapat membentuk jalan baru yang energi aktivasinya lebih rendah dibanding tanpa katalis. Jika energi aktivasi (Ea) rendah, tentu reaksi cepat sekali berlangsung. Karena molekul-molekul yang memiliki energi kinetik relatif rendah dapat memulai reaksi, karena Ea'(Ea dengan katalis) sesuai dengan Ek (energi kinetik). Jalan baru inilah dinyatakan sebagai mekanisme baru. Apakah katalis dapat mengubah harga perubahan entalpi? Tentu saja tidak dapat. Reaksi tanpa atau dengan katalis, perubahan entalpinya tetap. Jalan baru yang ditempuh tidak mengubah keadaan awal dan akhir reaksi, namun hanya mengubah besarnya Ea dan otomatis besarnya energi yang dibebaskan seimbang dengan Ea' dan harg perubahan entalpinya.

Posting Komentar